Selamat Datang di Blog MABM Kota Singkawang

Senin, 27 Februari 2023

DPD MABM Kota Singkawang Masa Bhakti 2022-2027 dikukuhkan


STRATEGINEWS.co, Singkawang – "Ibnu Azan"  Dewan Pimpinan pusat Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat kukuhkan Dewan Pimpinan Daerah MABM Kota Singkawang.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan, dalam rangka pengisian lowongan antar waktu jabatan Ketua dan perubahan susunan kepengurusan DPD MABM Kota Singkawang masa Bhakti 2022-2027.

Berlangsung di Rumah Melayu Balai Serumpun, Jl. Alianyang Kel. Kuala Singkawang Barat. Hari minggu pagi 26 Februari 2023, jam 09.30 wiba.

Sebelum pengukuhan berlangsung, Sabtu malam (25 Februari 2023) seluruh pengurus DPD MABM Kota Singkawang yang tercantum namanya di dalam Surat Keputusan DPP MABM Kalbar, menyelenggarakan gladi resik. Sebagai persiapan untuk menyertai pengukuhan.

Tampak hadir Ketua Dewan Pengurus MABM Kota Singkawang Asmadi, S. Pd M.Si dan Sekretaris Yuda R. Han. Berikut beberapa para dewan penasehat, para pemangku adat dan kepengurusan bidang bidang DPD MABM Kota Singkawang.

Ketua pengurus DPD MABM Kota Singkawang Asmadi, mengatakan, memasuki masa kepemimpinannya selaku Ketua pengurus MABM Kota Singkawang akan memberdayakan rumah melayu balai serumpun Kota Singkawang, sebagai tempat pelaksanaan adat dan budaya serta pengembangan seni budaya.

Jangka pendek, kegiatan yang akan dilakukan disekitar rumah melayu serumpun ini , kata dia, adalah momen menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H/2O23 M dengan menggelar pasar juadah ramadhan dan aktifitas yang berkaitan dengan kegiatan latihan penggiat seni budaya melayu.

Jangka panjangnya, ungkap Asmadi yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang ini, rumah melayu balai serumpun segera difungsikan sebagaimana mestinya. Sebagai tempat pelestarian dan pengembangan adat dan budaya melayu. Ia menegaskan, akan adanya museum mini, perpustakaan dan juga sebagai tempat wahana edukasi bagi warga masyarakat, mahasiswa, pelajar, sanggar, komunitas maupun organisasi organisasi kepemudaan melayu.

Sehingga keberadaan rumah melayu balai serumpun di Kota Singkawang, ucapnya, benar benar berfungsi sebagai upaya peningkatan harkat dan martabat melayu khususnya di Kota Singkawang.

MELAYU ADA KARENA KARYA

0 comments:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA